Nama Bank Nomor Telepon Rate KPR
BTN http://www.btn.co.id Batara 9.50% flat
26533555 Platinum 10.75%
Griya Utama 11.,25%
BRI 14017 11.75% (Fixed 1 tahun)
MANDIRI 021-529 97777 8.80% (fixed 1 tahun)
BNI 021-5789 9999 9.00% (fixed 2 tahun)
9.99% (Fixed 1 tahun)
BCA 021-500888 9.,50% (Fixed 1 tahun)
9.75% (Fixed 3 tahun)
BII 021-788 69811 10.49% (Fixed 1 tahun)
CIMB NIAGA 14041 9.50% (Fixed 1 tahun) untuk rumah second
9.90% (Fixed 1 tahun) untuk rumah second)
OCBC NISP 021-500 999 9.50% (Fixed 1 tahun)
10.55% (Fixed 2 tahun)
PERMATA 021-500 111 9.00% (Fixed 12 bulan)
MEGA 021-791 75555 12.99% (Fixed 1 tahun)
DANAMON 021-343 58888 11.99% (Fixed 1 tahun)
PANIN 021-500 678 8.80% (Fixed 1 tahun)
021-534 2728
UOB BUANA http://www.uobbuana.com 8.88% (Fixed 1 tahun)
9.66% (Fixed 2 tahun)
Komentar
  1. cip mengatakan:

    Mohon pencerahan pd Agan2….
    saya brencana membeli tanah sekaligus bikin rumah.
    rencana pembangunanya saya pengin dgn SOLUSI RUMAH HOLCIM.
    saya menaksirkan kira2 bth dana 100 jt.
    kira2 Bank yang recomended mana y?
    oh iya sy PNS gol 2.trmksh

  2. naf_1 mengatakan:

    berapa ya suku bunga KPR mandiri bulan ini? soalnya saya mau realisasi? mohon infonya..

  3. Achmadi mengatakan:

    Rencana saya mau ambil rumah nih, lagian devlopernya carikan bank bunga yg terendah. apakah untuk tahun2 berikutnya bunganya sama rendahnya dng tahun2 kemaren. tolong dong penjelasanya.

  4. Asiah mengatakan:

    Minggu lalu saya tanya2 KPR di Mandiri, katanya suku bunga angsurannya makin lama makin menurun. Itu bisa dilihat dari tabel angsuran KPR yang diberikan pada saya. Misalnya kalau tahun pertama sebesar 0,0873… maka tahun selanjutnya sebesar 0,0455…, tahun ketiga sebesar 0,0317… Apakah informasi seperti ini benar atau hanya strategi marketing saja? Soalnya saya belum pernah mendengar suku bunga menurun.

  5. diana mengatakan:

    bantui nfo contoh membuat surat complaint atau permohonan penurunan suku bunga….ke diana_andriani@ymail.com…tx

    • arinugroho84 mengatakan:

      kalo surat kayaknya prosesnya terlalu lama, saya sarankan langsung datang ke bagian kredit&loan bank bersangkutan saja…

  6. e1_nstein mengatakan:

    Saya KPR di BRI mulai agustus 2008 dengan bunga fix 2 thn (8,5%) jumlah pinjaman 90jt-an selama 15 tahun, cicilan Rp. 809.500/bln, sekarang sudah memasuki peninjauan kembali suku bunga dan ternyata bunga menjadi 13% dengan cicilan Rp. 1.016.000/bln.
    Melihat penjualan rumah baru di tempat saya untuk bank yg sama ternyata dari brosur suku bunga masih di bawah 10% (masih asumsi developer, tapi biasanya beda tipis), tp bunga saya adalah 13%…??? jadi seolah-olah ada kesan bahwa untuk mencari nasabah baru maka bunga diperkecil, tapi ketika sudah jadi nasabah maka bunga oleh bank bisa seenaknya dinaikkan, logikanya untuk bulan yg sama maka apakah itu nasabah baru (calon)/lama dibebankan bunga yg sama, BETUL…??? CMIIW
    BTW ada yang tau berapa suku bunga bank2 BUMN per agustus/september 2010…???

    • arinugroho84 mengatakan:

      sebenarnya sih prinsipnya subsidi bro…. jd seharusnya sebelum mengambil KPR memang dianjurkan mempelajari dulu seluk beluknya biar ga salah langkah…

      • e1_nstein mengatakan:

        Selidik punya selidik (langsung nanya ke Marketing Officer bank BRI) ternyata bunga awal tahun (1 tahun/2 tahun pertama) namanya bunga promo, jadi emang lebih murah, sesudahnya dikenakan bunga berjalan yang lebih besar dari bunga promo, ane baru tahu nih….. (sangat menjebak) capek deh….

      • arinugroho84 mengatakan:

        thanx sharingnya🙂
        sebaiknya kita memang pelajari bener2 sblm menentukan pilihan

  7. arinugroho84 mengatakan:

    @olivia :
    Wah kl rekomendasi saya sarankan bank BUMN. Setelah masa fix biasanya lebih tinggi sist. Tp ga perlu khawatir kan gajian juga naik.hehe

  8. olivia mengatakan:

    sy rncana mau ambil kpr dlm wkt dekat. kira2 bank yg paling bagus kasih suku bunga rendah yg mana ya? trs yg fix kan cm 1 or 2 thn pertama, brikutnya lbh tinggi atau lbh rendah ya? mklum awam ni jd ga ngerti. mohon infonya ya. thx a lot

  9. arinugroho84 mengatakan:

    @bro iyan :
    Per september blm dpt info nya bro. Masalah website menurut saya memang blm dimaksimalkan untuk hal2 yg rinci, mungkin untuk menghindari kesalahpahaman konsumen,coz kadang tdk sama suku bunga KPR di perumahan yg berbeda meski dgn bank yg sama,tergantung bentuk kerjasamanya dgn bank tsb…

  10. Iyan mengatakan:

    Sudah ada yang terbaru (per september 2010) ?
    Mas, sebenarnya di website bank yang bersangkutan di publish tidak ya? kok saya cari – cari tidak ada ya? apakah ini bagian dari “perang marketing”?

    Terima kasih banyak infonya

  11. arinugroho84 mengatakan:

    @may : maaf,untuk masalah KPR dr bank bukopin saya blm dpt info.
    Untuk masalah suku bunga sbnr nya bukan hal yg paten,untuk beberapa bank kita bisa meminta peninjauan ulang ttg suku bunga dgn menghubungi bagian kredit&loan nya.

  12. May mengatakan:

    Mas, ada info untuk interest bank Bukopin? gimana ya caranya minta agar suku bunga KPR saya bisa diturunkan? Terima kasih.

  13. arinugroho84 mengatakan:

    @sist icha : bunga fixed murni kebijakan bank meskipun kadang ada promo kerjasama dgn developer,jd bs aja beda antara perumahan yg 1 dgn yg lain meskipun dgn bank yg sama.
    Untuk NIAGA bunga efektif skrg antara 14-15 persen,termasuk tinggi di antara bank2 lain.
    Tp ga bisa dijadikan patokan coz masa fixed sist icha kan msh 2 thn lg.
    Smoga membantu🙂

  14. Icha mengatakan:

    Saya ikut KPR Cimb Niaga baru per Juli 9.9% fixed 2 tahun, yang mau saya tanyakan sebenarnya penentuan bunga fixed atau flat itu dari bank nya sendiri atau kita boleh mengajukannya?
    boleh kasih info,rata2 untuk kenaikannya sendiri di bank cimb niaga kira2 berapa ya?

    Thnx a lot. waiting for ur reply.

  15. arinugroho84 mengatakan:

    @lisa : blm dpt info lg nih sist, kayaknya masih tetep, kecuali buat yg masa fix nya habis
    @arul : BNI Griya bisa sampai 20 tahun, DP minimal 10 persen.

  16. Arul mengatakan:

    Sy baru mau KPR rumah,, mohon sarannya donk,,
    bank mana yg paling murah n masa asgsurannya sampe 20 thn?? Trus depe nya minimal brp tuh??

  17. lisa mengatakan:

    tau suku bunga bank mandiri bulan sekarng g?cicilan ku kynya dah naek lagi ni….

  18. anggie mengatakan:

    kl kpr lebih baik BII atw BRI ya???

  19. Toni mengatakan:

    Saya kredit rumah Rp. 42.000.000 saya kredit 10 thn lewat Bank BPD Jateng Cabang Cilacap dengan setoran 2 thn pertama hanya bunganya saja sebesar Rp. 375.000/bulan dan tahun 3 ini saya bayar Rp. 700.000/bulan jadi sekitar 7 tahun saya harus bayar kurang lebih Rp. 700.000/bln dan saya mau pindah Bank, menurut anda sebaiknya saya pindah bank mana ya yang tentunya dengan suku bunga terendah dong. Mohon pendapat dan bantuannya. Terima kasih sebelumnya.

    • arinugroho84 mengatakan:

      wah kalo dihitung2 sih sudah lumayan ringan pak cicilannya… mending jangan pindah pak coz plafon kredit termasuk kecil,jd sellisih ga akan beda jauh. malah bisa rugi i denda kita

  20. Toni Cilacap mengatakan:

    Saya kredit rumah Rp. 42.000.000 saya kredit 10 thn lewat Bank BPD Jateng Cabang Cilacap dengan setoran 2 thn pertama hanya bunganya saja sebesar Rp. 375.000/bulan dan tahun 3 ini saya bayar Rp. 700.000/bulan jadi sekitar 7 tahun saya harus bayar kurang lebih Rp. 700.000/bln dan saya mau pindah Bank, menurut anda sebaiknya saya pindah bank mana ya yang tentunya dengan suku bunga terendah dong. Mohon pendapat dan bantuannya.

  21. stef mengatakan:

    bisa bantu dikirimin isi Perjanjian Kredit untuk Perumahan? tq

  22. sugengpakes mengatakan:

    numpang lewat, salam kenal

  23. Nakita mengatakan:

    Bagaimana dengan kpr yang masuk tahun kedua?
    Saya ikut KPR CIMB Niaga. Tahun pertama, interest-nya 11%. Tahun kedua naik menjadi 16% tetapi aku komplain ke Niaga kemudian diturunkan menjadi 14.25%.

    Sekarang masuk tahun ketiga. Kemarin dapat kiriman perubahan suku bunga menjadi 13.75%.
    Apakah ini sudah merupakan suku bunga yang sesuai pasar atau masih kemahalan?

    Mohon japri ke yanthy75@gmail.com. Terima kasih.

    • arinugroho84 mengatakan:

      berdasar yg udh2 sih emg Niaga paling tinggi bunga setelah masa fixnya. Masih beruntung sist Nakita bisa diturunin sampe segitu…

Tinggalkan Balasan

