Tips : Depresi dan cara mengatasinya

Posted: 12 Januari 2010 in tips
Tag:, , , , ,

Dalam teori “the learned helpessness” depresi adalah gabungan dari rasa keputusasaan, pesimis, ketakutan, dan kekhawatiraan yang menyebabkan ada sesuatu rasa kemarahan (yang tidak disadari) yang menyerang ke dalam diri seseorang.

depresi

Apakah anda mengalami kehilangan minat dan kesenangan? dan disertai dua atau lebih keadaan berikut ini? Sulit konsentrasi, kurang percaya diri, merasa tidak berguna lagi, merasa besalah, pesimistis (masa depan suram), cepat lelah, tidur terganggu,,nafsu makan berkurang, nafsu seks menurun, cenderung melakukan hal yang membahayakan diri.  Bila jawabannya iya, maka anda sangat mungkin mengalami depresi.

Apa akibatnya bila depresi dibiarkan? 15% mencoba bunuh diri, berkembang menjadi depresi kronis, prestasi kerja/belajar sangat merosot.

Lalu bagaimana trik mengatasi depresi? Dengan berjalan-jalan selama 30 menit ternyata dapat mengatasi depresi ringan selama satu jam. Penelitian tersebut telah dilakukan oleh para peneliti di Texas University Austin. kebanyakan penderita depresi ringan merasa lebih segar dan lebih tenang selama lebih dari satu jam setelah mereka melakukan latihan berjalan di atas treadmill selama 30 menit. Mereka merasakan bahwa tekanan darah dan perasaan negatif atau kondisi tertekan yang dialami mengalami penurunan.

Penelitian sebelumnya pernah menyatakan bahwa olah raga secara teratur dapat membantu seseorang terbebas dari masalah depresi, apalagi kalau ditambah dengan mengikuti konseling dan pengobatan medis. Penelitian lainnya juga mendukung bahwa gerakan badan yang aktif memang memiliki pengaruh yang baik untuk mengatasi depresi. Dengan bantuan dari psikolog, depresi dapat disembuhkan secara sempurna

(dikutip dari AHM magazine)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s