Hunting rumah part 3 : Bekasi Timur Regensi, Bantar Gebang

Posted: 9 Januari 2010 in kpr, rumah
Tag:, , , , , ,

Critanya gw  membatalkan pembelian di Taman Cileungsi karena ngerasa hati gw bilang “seharusnya gw ga beli rumah ini”, tepatnya tgl 26 Desember 2009 kemarin, 3 hari sebelum gw tanda tangan akad kredit. Padahal uang muka udah gw siapin, bokap gw juga udah jauh2 dari Kebumen nganterin Kartu Keluarga yang asli untuk hari H nya. Tapi apa mau di kata, memang beginilah nyari rumah kaya nyari jodoh. hehehe.

Liburaan taun baru usai, perburuan pun kembali dilanjutkan, kali ini gw berburu di daerah Bantar Gebang, Perum Bekasi Timur Regensi (BTR). Sekitar 10 menit dari pintu tol Tambun (Grand Wisata), 20 menit pintu tol Cibubur (via jalan Setu-Serang),juga nggak terlalu lama dari pintu tol Bekasi Barat. Boleh dibilang cukup strategis, mungkin karena itulah perumahan ini sangat ramai penghuninya (menurut marketing sekitar 6000 lebih Kepala keluarga). Fasilitasnya pun lengkap, dari sarana kesehatan, ibadah, pendidikan, olah raga, pos polisi, bahkan udah ada mini Water boom sebagai sarana hiburan…. komplit plit plit…

Ceritanya di BTR ini sedang dibuka sektor baru yg diberi nama BTR 3, yang udah nampak dibangun adalah type Agate (29/60, 5x12m), bergaya minimalis satu dinding, cluster. Pembangunan komplek type ini belum 100% tapi sudah nampak beberapa rumah yang sudah dihuni. Seperti halnya rumah subsidi di perumahan lain, perlu beberapa perombakan agar rumah ini layak huni. Seperti memperdalam sumur (standar 8 meter, tapi air masi kuning), septicktank, dan menutup dinding belakang. Kebetulan ada temen kerjaan yg udah menghuni cluster ini, Riyanto namanya, dulu satu bagian waktu masih sama2 di Honda Jakarta. Menurut dia total biaya yg dia keluarkan mencapai 18 juta untuk layak huni rumahnya. Rinciannya 15,5 juta untuk pasang teralis dan menutup dinding belakang (udah termasuk geser kamar mandi,bikin dapur, lantai keramik, atap plafon dan genteng asbes), lalu 2,5 juta untuk memperdalam sumur bor dan septicktank.

bekasi timur regensi type agate 29/60 hook 99 juta

Harga rumah ini 55 juta (standar pemerintah) ditambah peningkatan mutu 15 juta, bisa KPR BTN untuk subsidi.

Agak kebelakang lagi udah nampak cluster baru yg sedang dibangun, yaitu cluster Albite (22/60, 6x10m), nampak depannya sama dengan type 29 tadi, cuma yang ini 1 kamar. Harga 55juta+peningkatan mutu 10jt.

lingkungan cluster jade type agate bekasi timur regensi

Awalnya gw tertarik di 2 cluster ini, coz banyak temen2 kerjaan gw yg udh berkeluarga udah menghuni di sini, dan beberapa lagi sedang proses KPR di cluster2 ini. Berhubung harga murah, gw mencari yg ada tanah  sudutnya (hook). Ada beberapa tawaran dari marketing 29/144(101 juta), 29/123(99 juta), dan 29/105(95 juta). Tapi pas dilihat lokasinya……… Buset deh…. Ujung paling ujung!!!! bentuk kavlingnya pun trapesium, kan jadi bingung ngatur ruangnya…. hmmmm…. pikir 2 kali deh, jgn buru2, dlm hati gw.

Hari berikutnya gw ngajak si Reno, critanya kan dia orangnya bingungan jadi gw pikir dia nggak bakal beli rumah nih kalo nggak ada yg nemenin nyari. Jadi itung2 bantu temen sekalian biar punya tetangga satu kampung. buwahahahahaha….

Muter sana sini, akhirnya mampir di cluster type Saphire (43/91, 7x13m), waw…. inimah nggak perlu di apa2in juga udah sangat layak huni. Pagar depan udah ada, belakang pun udah ditembok tinggi, genteng beton bercorak, atap baja ringan, kamar mandi tembok dikeramik sampai atas, dapur kering di samping ruang tamu, septicktank kata mandor nya 1×1,8 m…. sangat layak huni.

bekasi timur regensi type saphire 43/91 153 juta

Sumringah banget gw n Reno waktu masuk ngeliat2 dalamnya. “Gimana Ren??? di sini aja???’” kata gw sambil cengengesan. “Nggak ada DP nya gw, cicilan juga itung2an gaji nggak cukup” jawab Reno. Hahahahahahaha senasib!!!! Harga rumah ini 153 juta cash , kalo KPR total uang muka dll sekitar 30 jutaan, cicilan 1,8 juta an untuk BTN dan 1,5 jutaan untuk Mandiri n Niaga.

Hufh…. emosi nggak sih???? itung2an gajinya Kurang dikit lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiii……..!!!! kalo maksimalin take home pay yg sekarang kan maksimal plafon kredit gw 115 juta brarti harus sedia uang muka total bersih sekitar 50 an juta…. Anak kos mana punya duit segitu…….

ah… udahlah cari yg lain lagi Ren…..

Kamipun masuk ke dalam cluster yg udah jadi n banyak penghuninya letaknya di Blok M namanya cluster Morganite. Wah wah wah…. masuk ke dalam aja harus ninggalin KTP di pos jaga. Eng ing eeeeeeeeeng…. Bersih, rapi, nyaman deh pokoknya!!!!

“Ren,kata marketingya ada yg type 36/72, tapi ini kok type 43 n 50 yak???” agak bingung gw tanya ke Reno.

“Ini depannya kali. Mungkin ada di dalem yg type 36″ jawab Reno

Hmmm… kali ini Reno lebih cerdas. wahahahahahaha

bekasi timur regensi cluster mahoganti type crystal 36/72 111 juta

Ya ternyata bener rumah contohnya ada di dalam, type crystal 36/72 (6x12m). Yang bikin gw n Reno tertawa seneng adalah…. Kondisi n spesifik rumah ini nggak beda jauh sama yg Saphire td, cuma yg ini luas tanahnya lebih kecil dan nggak ada dapurnya. dipikir2 nggak apa2 lah nggak ada dapur, masih bujangan, makan aja nggak pernah masak. hehe. kalopun ntar punya istri yg pinter masak masih ada lahan 3×3,5m di bagian belakang. Atapnya masih rangka kayu, jadi mempermudah dalam proses renovasi nantinya.

reno nampang di ruang tamu type crystal.hahaha

“gimana Ren? bungkus?”

“Bungkuuuuuuuuusss…..!!!!!!!”

Harga rumah ini 111 juta, itung2an DP sanggup, cicilan 1,3 juta dgn BTN, tapi lebih ringan dgn Manadiri n Niaga 1,1 juta per bulan. Massuk!!!

Dengan berbekal fotokopi KTP kamipun mengisi form aplikasi pemesanan kavling (SPK), alhamdulillahnya…. ternyata perum BTR menjalin kerjasama dengan grup Astra, jadi kamipun mendapat keringanan seperti, booking fee hanya 500ribu(normalnya 2,5 juta),lalu dapet potongan harga dari developer 1 juta, lumayan buat pasang teralis ntar. hwehehehehehe…..

Untungnya lagi berkas2 gw yg udah disetujui bank mandiri masih bisa dipakai, jadi gw nggak usah repot2 lagi ngurus berkas2nya… hore……!!!!!!!!

Rumah yg gw pesen inden 4 bulan jadi DP nya bisa dicicil selama masa inden itu. Doain ya moga lancar prosesnya n berkah rumahnya…. Amiiiiiiiinnn….

Komentar
  1. Ical mengatakan:

    Mas Mau tanya…katanya BTR kalo Musim Ujan kecium Bau-Bau tak sedap yaa…..

    Mohon Infonya dunk…………tks Sebelumnya

  2. Azty mengatakan:

    Kontrakan type crystal berapa per tahunnya Mas? kalo ada hub saya via e-mail yaa, buat usaha TK

  3. mulyadi mengatakan:

    mas saya mau tanya nih masi ada ga rumah btn yg kongsong n bisa ga saya minta nom nya mas buat nanya” .thx mas

  4. mulyadi mengatakan:

    mas saya mau tanya nih masi ada ga rumah btn yg kong n bisa ga saya minta nom nya mas buat nanya” .thx mas

  5. rulianto kurniawan mengatakan:

    Sekarang kondisi terakhir btr 3 bagaimana mas,? maksud saya sudah ada yg menghuni belum?
    klo sudah blok apa yg di btr3?
    lalu klo rumah yg seperti mas memang harus renov septitank jg ya(memang kondisi dr developer kurang layak)?

    trims sebelumnya

    • arinugroho84 mengatakan:

      sudah pak,terutama blok J cluster jade, sebenarnya standar dr developer cukup layak, cuma umumnya penghuni ingin lebih merasa aman jd direnov septictank nya

  6. edi mengatakan:

    klo sarana pendidikannya bagaimana? anak ane dah dikit lagi masuk sekolah tk nih.
    klo jalan alternative menuju grant wisata biar tidak lewat jalan jelek ada ga? maklum kerja di tambum, klo kesitu cuma tau lewat jalan yg jelek aja.

  7. haulya mengatakan:

    salam kenal ya…

    mas saya mau tanya di BTR 3 ada gak siey yang dp nya bisa di cicil ampe 6 kalian??? tolong info nya

  8. Cep MAUL mengatakan:

    ada yang tau Track tercepat dari BTR ke Pejaten ga?
    atau sebalik nya, rencana mau survey ke sana, liat lokasi project nya,
    jika tertarik kemungkinan besar pasti ambil di sekitar BTR 3

  9. Martin mengatakan:

    salam kenal mas Ari saya ada rencana juga untuk menghuni perumahan BTR3.
    sebelumnya saya mau bertanya, adakah jalan alternative dan cepat untuk ke perumahan BTR3 (dari arah Metropolitan Mall Bekasi) karena selama ini saya selalu melewati Jalan Raya Mustika Jaya (jadi mesti lewat kalimalang masuk kearah Kota Legenda) yang jalannya bisa dibilang kurang mulus.
    kebetulan rumah orang tua saya berada di Bekasi Barat, jadi kalo ada jalan yang cepat dan mulus bisa sering main kerumah orang tua hehehe.

  10. Putty mengatakan:

    Sya tertarik sama rumah anda,, boleh minta informasi alamat dan nomor telpon kantor permasaran’y….
    Kalo kerja di daerah pulogadung dari BTR 3 jam berapa berangkat ke kantor kalo naik motor atw naik mobil ?

  11. diah mengatakan:

    kalo kerja di daerah sudirman dari BTR 3 jam berapa berangkat ke kantor kalo naik motor atw naik mobil…

  12. tami nilas mengatakan:

    Sya tertarik sama rumah anda,, tapi informasi yang saya dapatkan kurang, ehh tolong donk minta nomor tlpon anda donk.. atau informasi alamat dan nomor telpon kantor permasaran

  13. Riizkyy Seven Foldism mengatakan:

    Sya tertarik sama rumah anda,, tapi informasi yang saya dapatkan kurang, ehh tolong donk minta nomor tlpon anda donk.. atau informasi alamat dan nomor telpon kantor permasaran

  14. Dimas mengatakan:

    Mas Ari,

    Salam kenal, kebetulan saya penghuni BTR 2 di Blok Q1 pas di jalan bulevard, pada awal saya hunting rumah (saat itu awal tahun 2006) memang sempat bingung dengan ragam perumahan di sekitar bekasi timur, sebenarnya sudah sempat menyetor tanda jadi sebesar Rp.2 juta di Legenda Park (CLuster di Dukuh Jamrud) kemudian saat akan pengajuan berkas saya berubah pikiran setelah mempertimbangkan dengan seksama antara kelebihan dan kekurangan antara Bekasi Timur Regensi serta Legenda Park. Hingga sekarang saya mensyukuri keputusan saya untuk lebih memilih Bekasi Timur Regensi. Dengan harga yang lebih kompetitif saat itu harga jual 86 juta saya mendapatkan rumah dengan type 40/105 dengan posisi strategis di jalan utama komplek. Untuk air (alhamdulilah jernih setelah saya tambah sekitar 8 meter dari sumur pantek standard) kualitas bangunan sampai dengan hari ini (pas 5 Taun di tanggal 2 Maret 2011 ini) masih ok , ada sih gangguan rayap di kusen pintu kamar mandi namun setelah diganti pintu dan kusen PVC, masalah tersebut dapat teratasi. Satu hal yang paling saya kawatirkan saat itu aroma sampah yang kawatir tercium hingga perumahan, alhamdulilah gangguan tersebut tidak seperti yang saya bayangkan (terkadang dalam 2 minggu hanya sekali itu juga jika kita masuk ke dalam rumah sudah tidak tercium). Developer termasuk care, untuk urusan taman, kebersihan lingkungan serta fasilitas lain seperti jalan senantiasa dijaga (kadang memang jalan rusak termakan usia, namun mereka cukup responsif dan jalan di perumahan diperbaiki juga tidak perlu menunggu komplain warga) demikian saja pendapat saya :)

  15. ika mengatakan:

    Assalamu’alaikum…

    Wah pas baca2 artikel jd tertarik bgt beli rmh di BTR3,,,minggu 20 Feb 2011 kmaren ak n suami abis keliling setu dan sekitarnya,,,tnyta cm BTR3 yg bikin kita tertarik yaitu type saphire 45/91…pas ak ke kantor pemasaran, harga DP lumayan mahal yaitu 31,5jt dan cicilan 15th sebesar 1.7jt an,,,

    Hmmm,,,msh jauh skali utk dpt DP sgitu,,,tp ttp semangat cari uang buat nambah2 DP..^_^

    • Agung Leo mengatakan:

      assalamu’alaikum mbak ika
      Bagaimana udah siap tinggal di BTR3, yang penting angsurannya dikalikan 3, itulah minimal penghasilan yang bisa stujui Bank, masalah dp bisa diatur sesuai penghasilannya, kalau belum masuk bisa angsuran diperpanjang 20thn, siapa tahu sebelum 20thn ternyata bisa dilunasi. kalau pingin jelas datang aja ke pemasaran BTR3 blok C7/10 ( boulevard bunderan 2)

    • arinugroho84 mengatakan:

      kan DP bisa dicicil bu :D

  16. iDa mengatakan:

    aku jg msh bingung nich mau ambil di btr3. oh yach thx infonya….

  17. parasian mengatakan:

    alamat lengkapnya dimana???
    trs tipe 36 itu, kamarnya brp??
    please infonya di email yach…
    Tq

  18. ridwan mengatakan:

    ni btr berapa mas. solanya saya ngmbil juga btr2 tapi di blok R1/2, o iya kalo dalemin sumur ama spitenk berapa duit sih disana.ke email ya mas kalo ga keberatan

  19. ridwan mengatakan:

    ni btr berapa mas. solanya saya ngmbil juga btr2 tapi di blok R1/2, o iya kalo dalemin sumur ama spitenk berapa duit sih disana

    • arinugroho84 mengatakan:

      BTR 2 jg bro
      paket dalemin sumur n spitenk kisaran 1,8-2,5 juta tergantung pinter2 kita nego pak

  20. Asep K mengatakan:

    Salam kenal Gan, ni postingan kan udh hampir sthn, apa diperumahan Agan or disekitar situ ada msh ada yg buka?

  21. jhonie mengatakan:

    Salam kenal sesama penghuni BTR. Saya di Cluster Jade BTR3. Perumahan subsidi yang paling layak huni rasanya baru di BTR ini … Saya sebelumnya keliling Bekasi Utara, Tambun & Cibitung semuanya rata2 belum layak huni tuh … Masalah bau … biasanya tercium sehabis hujan saja … dan biasanya hanya diluar rumah. Kalau masuk ke rumah dah gak keciu tuh …

  22. uci mengatakan:

    Salam kenal mas,
    saya juga ambil rumah ini, sama dengan Pak Daromi tepatnya di cluster B (beryl) model rumahnya sama spt saphire, saya kena 161 jt unt ukuran 45/90 dgn kpr niaga, bulanannya 1,5 jt di thn pertama selanjutnya ngikutin suku bunga. Desember akhir ini rumahnya jd (rata2 smua 4 bln pembangunan). Mungkin br nempatinnya april krn hrs perdalam galian air dan septitank. Katanya sih BTR ini ga banjir, unt air yg bagus katanya di blok beryl, tp sptnya sdh habis, tp unt dpt air yg bagus paling tidak hrs gali lg sampai 21 m dan standar septitank diameter 1,5×2 m dgn kedalaman 2 m.

  23. Dedi mengatakan:

    tolong ksh info dong ttg KPR daerah bekasi dan cikarang yang Dp tidak lebih dari 10 jt cicilanya sekitar 700 rb – 1 jt… klo ada krm ke email y?tq bro…

  24. boceng mengatakan:

    mas mau nanya kalo yang type saphire 43/91 ini harganya berapa ya sekarang?
    mohon bimbingannya hehehe

  25. bolank thea mengatakan:

    mo nanya nih gan kira2 kawasan ini bebas banjir g ya, trs farfum TPA bntr gbng wanginya sampe tercium k kawasan ini g tuh gan thx……

  26. atika mengatakan:

    mau tanya mas ari untuk type agate 22/60 seharga rp.55 juta ada keterangan untuk peningkatan mutu sebesar 10 juta, apa sudah termasuk dalam harga untuk kredit apa belum…………………

    • arinugroho84 mengatakan:

      Kalo ga salah diluar yg 55 jt, jd dilunasi bareng uang muka yg dicicil 4x. Jd biaya 4 bln pertama sblm mulai nyicil sekitar 22jt bersih. Dicicil 4 bln, udh termasuk peningkatan mutu, biaya proses, surat2,dsb.

  27. Atika mengatakan:

    Mau tanya type 22/60 dengan harga 55 juta, apakah dana untuk peningkatan mutu sudah termasuk didalam proses kredit atau belum………..

  28. Daromi Aks mengatakan:

    Salam kenal Mas. Saya juga beli rumah di BTR. Sy dulu juga muter muter kayak panjenengan di byk skl lokasi. sudah Booking di daerah lain gak jadi akhirnya beli di Type Saphire tsb,dkt photo diatas. Cluster Beryl. Mudah2 an jd tetangga yang baik nantinya.

  29. arinugroho84 mengatakan:

    @bro awang
    Wah maaf bro,banyak bgt perumahan subsidi di pinggiran jakarta. So, mending terjun langsung ke lapangan deh :)

  30. awang mengatakan:

    Bro tolong infokan donk via email kalau ada informasi perumahan bersubsidi lagi di daerah jakarta dan sekitarnya ya..

    thank`s
    awang_timur@yahoo.com

  31. dipta mengatakan:

    salam kenal saya baru beres2 mau pindah ke BTR2, saya calon penghuni Blok N3/No.3 sampin toko matreal, lagi nyari tetangga via teknologi maya, terimakasih

    • awang mengatakan:

      salam kenal juga bro,

      saya minta tolong kalau masih ada tentang data atau harga gitu tentang perumahan yang anda tempati bisa forward ke saya.. Situ khan dah positif mau nempatin BTR pasti info lebih valid ya ngga` ???

      Saya ingin tahu dari cicilan dan bla bla bla…
      Thank`s bro buat infonya,..

      tHank`s

  32. Charles mengatakan:

    Salam kenal. Saya tinggal di Blok M-6/63. Saya akad kredit bln Jan 2010, indent. Rmh mulai dibangun bln Feb 2010 dan selesai Juni 2010. Pertengahan Juli 2010(stlh renovasi) sdh kami tempati. Sekitar 2 mggu sblm kami tempati, ada yg kemalingan di Blok M-1(nmrnya saya lupa). Berhubung krn Cluster, penghuninya ga terima dgn kejadian tsb dan menyampaikan protes ke pihak keamanan sehingga berakibat di-PHK-nya 1 org petugas keamanan/satpam yg jaga wkt kejadian tsb.

  33. Nugroho mengatakan:

    Mas salam kenal…Saya tertarik bwat ambil rumah di BTR. Yang ingin saya tanyakan, apakah bau sampah dari TPA BG tercium di perum BTR?

    • Agung Leo mengatakan:

      Bau parfum bantar gebang tidak tercium mas, cuma kadang-kadang lewat, seperti halnya ditempat saya di daerah kalimalang jaka sampurna hanya lewat terbawa angin …. kalau ingin tahu lebih lengkap mengenai Perumahan Bekasi Timur Regensi
      buka saja Facebook Bekasi Timur Regensi

  34. desty arlian handayani mengatakan:

    saya ingin cari rumah BTN tapi yang ada subsidinya, coz kan saya baru ja lulus dan kerja saya ingin beli rumah ini untuk ibu ku tercinta, tolong klo ada rumah BTN yang subsidi di deareh bekasi hubungi saya di
    085695931238
    atau e-mail ke : riechy_sagita@yahoo.co.id

    • arinugroho84 mengatakan:

      wah kalo rumah subsidi di daerah bekasi mah banyak…coz bekasi kota pemukiman. hampir di tiap perumahan baru menyediakan rumah subsidi. so,silahkan terjun langsung ke lapangan :)

    • Agung Leo mengatakan:

      Untuk rumah subsidi bisa juga combine dengan jamsostek, untuk jelasnya hub.ibu Dija o856 924 96145 / o21-94645009 untuk perumahan Bekasi regensi 1 & 2 wanasari Cibitung, Permata Regensi Bekasi, Wanasari Cibitung dan BEKASI TIMUR REGENSI (belakang Dukuh Zamrud)

  35. arinugroho84 mengatakan:

    @Sist Lita
    Lam kenal jg Sist 8)
    Wah,makasi info nya Sist… Waktu dl survey di blok J yg cluster baru emg nyium ar0ma2 apa gt…hehe. Tp di blok M Alhamdulillah ga ada tuh,di blok Q rmh 0m saya jg enggak. Mungkin beda2 kali ya Sist?

  36. lati mengatakan:

    Lam kenal mas, aku penghuni BTR jg tapi di blok S aku 1 tahun disana sekarang dijkt disana aku kontrakin, sdh tau blm kalau sering bau Parfum bantar gebang…. he..he… tapi ga apa2 soalnya sblm disana aku dah keliling cari rmh tapi yang kondisinya enak ya BTR..

  37. n1tnot mengatakan:

    Salam kenal mas, tanya dunk.. kalau rute dr bekasi barat lewat mana yah.. saya di Narogong.. tengkyu

  38. santi yulianti mengatakan:

    mas aq minta info alamatnya dong .
    klo ad website dr prumahannya jg mau dong .thx b4
    smoga berkah bwat smuanya .amien.

  39. arinugroho84 mengatakan:

    @bro slamet
    Silahkan bos,
    Sama,kemarin sabtu aq nengokin jg br d psg genteng,kl skrg mgkn udh dikeramik x ya? Coz temen q yg ngambil blok seberang kt nya udh mau pasang pager.
    Aq di m5-18 bos.

  40. slamet mengatakan:

    bos minta ijin ngambil foto rumah type 36, kemaren kesana rumah belum 100% , tp genteng baru dipasang omong2 jadi ngambil nomor berapa bos ?

  41. arinugroho84 mengatakan:

    @bro slamet
    Slm knl jg bos. Amin,moga disetujui n cpt akad kredit ya. Memang kl diliat lbh aman dr pd di blok lain bos.

  42. slamet mengatakan:

    bos salam kenal … calon tetangga, saya ngambil di blok m5/36 … semoga disetujuin ama btn, kelihatannya sih enak tempatnya, beberapa temen bilang blok ini (blok M) walaupun masuk kedalam tapi nyaman

  43. arinugroho84 mengatakan:

    @bro maskur
    Silahkan lihat di arsip blog ini bulan april bro. Ada daftar suku bunga KPR terbaru. Tinggal plh mana yg pling cocok. Smoga bs membantu :-)

  44. maskur mengatakan:

    bank yang paling murah kreditannya apa???? maksudnya bunga gitu lohhh

  45. arinugroho84 mengatakan:

    @sìst Dwi
    Sist,kmrin survey di BTR atau BTR 3 (sebenernya sebelahan sih,hehe,cm kan kondisi blm sama). Kl di BTR nya kam udh keliatan rame n hidup dr dpn smp blkang,kl di BTR 3 memang msh sepi coz proyek br jalan 2 thn ini. Tp kl sy liat site plan di marketing office nya,akan seramai BTR nya coz udh mulai dipasarkan type non subsidi n rukonya,apa lg di BTR 3 akan di bgun danau. Masalah air saya blm dgr keluhan berarti,standar sumur dr developer 8m, rata2 perlu ditambah lg jd 12-20m tergantung blok nya. Air tanahnya jg layak minum.

  46. Dwi mengatakan:

    Malam Bro,..Kemarin sy lihat2 ke BTR, kira2 untuk kedepannya gimana yach, bakalan rame ngga yach. And untuk Airnya gimana yach. Thanks bro.

  47. yenny ardiani mengatakan:

    mas, mau tau alamatnya dwoank………..Mksh

Tinggalkan Balasan

