Wah hari ini capek banget. Semalem belajar nge-blog sampai2 baru niat tidur pas udah jam 5 shubuh. Baru tidur sebentar, eh jam 07.30an temen gw telp katanya dia udah nunggu di perempatan deket kosan, minta ditemenin survey rumah di sekitar bekasi timur-cibitung.

Plagiat banget nih anak batin gw😀 pas tau gw udah ngajuin KPR eh dia ikut2 kepengen😀 . Akhirnya dengan sedikit terpaksa, gw nemenin dia juga sampe jam 2an siang…. . Usut punya usut mending gw critain aja lah dari awal ketika gw sama temen gw “hunting” rumah.

Awal November 2009…. Awalnya ketika di gazibu kerjaan,gw lagi nanya-nanya ke temen gw yg udah berkeluarga dan udah punya rumah sendiri, kebetulan dia beli rumahnya pake KPR.  Jadi gw nanya2 ke dia soal perumahan di daerah seputar Bekasi Timur – Cibitung – Cikarang. Kenapa di 3 daerah ini? Coz daerah inilah yg boleh dibilang deket ke kerjaan gw (kawasan industri MM2100). Nah ternyata ada temen gw yang “nguping”, nggak tau deh sengaja apa nggak ngupingnya😀. Sebut aja namanya Bowo, bocah Banyumas😀 ( satu bahasa “ngapak” kayak gw :-D). Si Bowo bilang di daerah sekitar perumahan tempat dia ngontrak rumah ( Perum Grand Mustika Melia, Setu), katanya banyak perumahan, so tinggal pilih deh mana yang cocok.

Hmmm… Akhirnya setelah lobi sana-sini (biar gaya dikit :-D), berangkatlah 4 orang untuk “HUNTING”. Gw (bujang sendiri), Bowo, Jawir, n Turip😀. Sebelum mulai beraksi, numpang sarapan dulu di kontrakannya si Bowo, mumpung gratis… Sikat abiiiiiiiissss…. Hahahaha😀 pokoknya yg gw inget waktu itu : laper, masakan istri Bowo enak, trus ada makanan favorit gw dari zaman masih kecil. Apa itu??? Jreng! Jreng! …..t-e-m-p-e goring tepung! Maknyuuuuuzzzz….. wahahaha.😀 jadi malu…..

Btw, kontrakan bowo termasuk rumah tipe kecil, 29/60, ada halaman (gw bilang sih parkiran motor) 5×2 meter, ruang tamu kecil, dua kamar tidur, dan paling belakang kamar mandi n dapur. Wah wah… Sempit banget ya, nggak kebayang kalo ada saudara nginep. Dalam hati gw insya Allah gw akan beli rumah yg lebih luas. Amin.

1. Perumahan Cluster Grand Residence

Sarapan selesai, ngudud nyambi ngobrol ngalor ngidul juga udah. Akhirnya kami berangkat. Tujuan pertama adalah perumahan baru yang sedang jadi buah bibir di kerjaan gw. GRAND RESIDENCE.  Lokasinya lumayan bagus, 15 menit ke pintu tol Cibitung, 15 menit pintu tol Grand Wisata. Pintu tol Cibubur, Bekasi Barat dan Bekasi Timur juga bisa tapi lumayan waktuya, sekitar 30 menitan.

Pintu gerbang yang lumayan bagus, menunjukkan developernya memeang punya visi serius ngembangin perumahan baru ini. Kami sengaja nggak langsung ke kantor pemasaran, mending lihat2 dulu.hehe

Hmmm…. Desain rumah semuanya full minimalis dengan warna yang agak fresh, ngejreng gitu deh. Kami mampir ke beberapa rumah contoh di cluster yg berbeda. Pertama di cluster Prapanca (subsidi 22/60), 6x10meter, jadi bisa lebih leluasa mengatur ruang kalo renovasi. Meskipun subsidi tapi lumayan menggiurkan, dari segi desain cukup menarik, nggak kaya rumah  subsidi di perumahan lain. Harga jual 55juta + peningkatan mutu antara 10jt sampai 18juta. Tergantung mau pilih yg atap kayu atau yg atap baja ringan.

Lalu kita ke rumah contoh cluster Hang Tuah, bangunan di cluster ini jauh lebih besar dan mewah dibandingkan cluster Prapanca, maklum type 45/98 haha😀. Dari segi penggarapan dan bahan bangunannya juga kayaknya lebih bagus. Harga 128 juta (sampai tulisan ini dibuat).

Jujur kalo ngeliat bangunannya bikin ngiler…. Cess cesss…hahahaha😀

Boleh liat2 dulu deh di link ini di sini

2. Perum Graha Asri

Sebelum pulang ( hari Jumat waktu mepet ), kami mampir juga di perumahan Graha Asri.Kata Bowo, perumahan ini dedengkotnya Bekasi Timur, hahaha😀 aya aya wae siah. Cuma kayaknya nggak perlu dibahas panjang lebar, coz kami berempat nggak tertarik di prumahan ini. Sepiiiiiiiiiiii………… Udah gitu harganya menurut gw nggak sesuai sama lingkungannya:-D

Setelah dipikir2 dan menggali info soal Grand Residence, akhirnya gw n temen2 nggak jadi nglanjutin ke tahap lebih serius di perumahan tersebut. Usut punya usut ternyata Perumahan ini dibangun di atas tanah sawah dan rawa. Pun berdasarkan pengalaman dari yg sudah jadi penghuni di perumahan tersebut, katanya air di sana kurang layak dikonsumsi. Udah gitu prosesnya lama banget, paling cepet 8 bulan dari booking baru bisa akad kredit. Hmmm… Mungkin belum jodohnya kali ya…

3. Harvest city

Waktu gw survey ke perumahan ini, gw sendirian. Coz temen gw pasti pada males kalo di ajak jalan agak jauh, tapi ternyata cuma 30 menit dari kosan, mungkin karena jalan nya sepi kali ya jadi bisa nggeber “si Macan” agak kenceng😀.

Lokasi perumaahan ini tepat di seberang Taman buah Mekarsari

WOOOWW……..!!!! Itu kata2 pertama di dalam pikiran gw. Gerbangnya aja segede bagong apalagi dalemnya. Hahahaha😀 . Tapiiii….. buseeeeettt…. Jauh bener masuknya😀. Sekitar 500 meter dari gerbang, type pertama yg gw liat adalah type subsidi klaster Brohemia 22/60. Rapi, meskipun dinding masih dari batako tapi kelihatan kalo tukangnya nggak asal garap. Hmmm… mungkin sesuai sama harganya, 55juta + peningkatan mutu 12 juta.

Lanjut agak ke dalem lagi type yg agak gede klastr Dianthus, keren, full minimalis, ngejreng! Yeah fresh banget. Tapiiii…. Udah habis😀 yup laris manis. Jadi ga usah bahas spesifikasinya deh😀

Sebenernya pengen ke dalem lagi, Cuma jauhnya minta ampun😀

Intinya, luas perumahan ini nantinya mencapai 1050an hektar, gilaaaaaaaaaaa….. Dan diproyeksikan bakal bisa jadi kota mandiri kayak cibubur. Apalagi kalo realisasi pembangunan tol JORR 2 rampung, pasti akan sangat bagus buat investasi masa depan.

Cuma gw mundur deh dari Harvest, why???? Pertama kantong gw Cuma cukup buat yg subsidi😀 coz yg komersil harganya di atas 170juta hmmm… nyicilnya sih kuat tapi dijamin nggak kawin2 gw wahahahaha!😀. Kedua kayaknya gaya hidup orang2 di sini nggak bisa gw imbangin, kan gw cuma kuli😀 bisa2 ntar kalo gw punya istri cepet cerai gara2 nggak bisa beli ini itu kayak tetangga sebelah . hahahahaha😀

Gw sangat menganjurkan perumahan ini, coz harganya beda jauh sama yg di Jakarta untuk type sejenis.

info detail klik di sini

4. Perumahan Citra Indah

Wah jauhnya…. Pas ngeliat di google map sih gak jauh dari Mekarsari,eh ternyata jauh juga sekitar 10 menit ke arah Jonggol dgn average speed 60 km/jam. Yang bikin kesel lagi jalannya agak banyak lobang n debunya,pliss deeeeehhh…..😀 , nggak nyaman kayaknya kalo harus pulang pergi naik motor ke bekasi. Kepalang tanggung, masuk deh ke dalem. Berbeda dengan perumahan yg sebelumnya gw survey, perumahan ini mengusung desain mediteranian kayaknya. Lingkungannya masih adem khas bogor. Yang bikin tambah bagus ya harganya, type 36/90 aja masih di bawah 100 juta, ya ya ya….
Info selengkapnya klik di sini

5. Taman Metropolitan

Arah pulang ke Bekasi lewat jalan Serang-Setu, sebenarnya waktu mau ke Perumahan Harvest city gw nglewatin 2 perumahan di daerah ini, tapi baru gw liat2 pas pulangnya.

Yang pertama adalah Taman Metropolitan. Wah lumayan mantep, nggak sekeren Harvest City sih tapi justru gw lebih suka lingkungan yg kayak gini, perumahan kelas menengah. Meskipun waktu itu jam 2 siang tapi udara nggak menyengat, beda ama di Bekasi😀 malam juga tetap gerah! Desain minimalis, jalan utamanya menghubungkan 2 ruas jalan antar kota, yaitu jalan Serang – Setu dan jalan Cileungsi-Jonggol. Kalo di itung2 ke Pintu Tol Cibubur mungkin sama kayak dari Harvest, sekitar 10 menitan.

Boleh dibilang perumahan yang udah hidup karena udah banyak aktifitas penghuninya. Developernya pun terpercaya yaitu PT. Metropolitan Land anak didiknya Ciputra.

infonya klik di sini

5. Perumahan Taman Cileungsi
Nggak jauh dari Taman Metropolitan ke arah Setu ada Taman Cileungsi. Lingkungan di sini lebih hidup daripada di Taman Metropolitan, lebih ramai meskipun nggak semewah di TM. Kayaknya enak juga kalo tinggal di sini. Berdasarkan info yg gw dapet, awalnya di perumahan ini hanya dibangun perumahan sederhana, namun sekarang mulai di arahkan ke rumah tumbuh, di mana sangat cocok untuk pasangan muda yg berjiwa dinamis, yg slalu ingin berkembang. Masalah harga juga masih masuk lah di planning bajet gw.hehe.
infonya klik di sini

Komentar
  1. Pingkan Tobing mengatakan:

    thanks utk infonya
    baru baca nih karena sedang cari2 housing
    sebentar lg rencana menikah jadi saya dan calon suami harus planning utk cari tempat tinggal
    kalau dari semua review sptnya yg bisa direkomendasikan hunian di daerah yang di harvest itu ya?

    cheers!
    Pingkan

Tinggalkan Balasan

